Friday, March 25, 2016

Yang Sempat Tertahan



Udah beberapa hari belakangan ini, gue mulai ngerasain nyeri di punggung, lagi. Nyeri plus pegel-pegel yang..... yaaaa lumayan bikin uring-uringan sih. Kalo ditanya nyerinya kayak gimana, gue juga bingung gimana nyeritainnya. Waktu masih sekolah dulu, gue pengeeen banget cerita ke temen kalo punggung gue nyeri soalnya bla bla bla, tapi....takut. Hahaha. Takut responnya gak sesuai sama harapan aja sih karena udah pasti isinya akan 90% ngeluh. Takut dibilang lebay, dan dibilang gak bersyukur. Ya iya sih namanya ngeluh mah pasti gak bersyukur. Tapi, mau gimanapun kadang orang cerita juga kan karena butuh didengar yah, abis itu..... didukung. Hehehe.

Sekarang, setelah sepuluh tahun, gue akhirnya berani juga cerita tentang nyeri punggung yang sering banget gue alami karena skoliosis ini.. Ngeluh ya ngeluh deh, kadang-kadang ini ye kaaan.. Ternyata, memendam itu capek ya. Hahaha. Eh iya, ngomong-ngomong, udah pada pernah liat dan tau sekilas tentang skoliosis dari buku Biologi kan ya?

Hmm gue jelasin dulu sedikit tentang skoliosis yaa..
Mulai dari....definisinya skoliosis dulu. Skoliosis itu apa sih? Gini, singkatnya, skoliosis itu kelainan pada tulang belakang. Iya, kelainan. Jadi, tulang belakang yang seharusnya lurus, malah jadi melengkung ke kanan atau ke kiri membentuk kurva C atau S gitu. Efek dari melengkungnya tulang belakang ini, bikin bentuk badan jadi gak simetris, dan otomatis juga bisa  'mengganggu' pernafasan dan organ vital lain kalo gak segera ditindak..
  
Hasil rontgen orang normal dan orang yang skoliosis. Bedanya jauh ya...
  
Trus... Apa skoliosis itu sakit? Awalnya, enggak.. Gak berasa apa-apa. Biasa aja. Makanya suka banyak orang yang gak tau kalo dia skoliosis. Skoliosis emang gak sakit sih, cumaaa, lama kelamaan emang berasa nyerinya. Kebanyakan orang dengan skoliosis biasanya lebih sering pegel-pegel dan nyeri punggung, apalagi kalo lagi mau menstruasi (hadeuuh), abis aktivitas lumayan padat, dan bawa beban berat.. Duuuh deskripsiin nyerinya susah deh pokoknya... Oh iya, tiap orang yang skoliosis itu rasa dan penanganannya beda-beda, tergantung melengkungnya seperti apa, berapa derajatnya, dan lain-lain. Yang gue ceritain di sini ya yang kejadian di gue dan umum kejadian di orang-orang aja.. Hehehe. 

Penyebab skoliosis itu apa? Jadi, ada salah satu dari sekian penyebab skoliosis, yang namanya idiopatik, yaitu penyebab yang tidak diketahui. Nah, gue, termasuk yang idiopatik. Hehehe. Ya namanya juga idiopatik jadi gue juga gak tau kenapa bisa kayak gini. Yang gue tau, beberapa anggota keluarga juga skoliosis sih. Makanya dari sebelum menstruasi, gue udah 'dibekali' tentang ini, biar siap, soalnya mereka pun diketahui skoliosis juga gak lama setelah mereka menstruasi. Apa ini karena genetika? Bisa jadi sih, tapi belom pasti *kata google*

Trus tau kalo skoliosis gimana? Iseng! Jadi gini, waktu itu umur 14 tahun, kelas 2 SMP. Kira-kira satu bulan setelah menstruasi pertama lah, secara iseng gue bungkukin badan (kayak posisi rukuk kalo sholat) di depan kaca sambil ngeraba-raba punggung. Eh bener aja, pas raba-raba punggung, kok kayak beda gitu, gak simetris.. Pas ngaca (pake baju ketat) juga gue liat punggung gue kok ya gak simetris, di situ punggung kanan lebih nonjol dari yang kiri, kayak ada punuk untanya.....
 
Posisi yang kayak rukuk itu, disebut juga sama Adam Forward Bend Test. Tes dasar utk skoliosis


.....gue yang saat itu emang udah tau gejala ini dari awal, cuma bisa ngomong dalem hati, "okee, fixed skoliosis juga nih, welcome to the club!" 


******** 

Penjelasannya segitu dulu ya, sekarang mau curhat dulu *lah* *mengulang kata dulu*

Trus.... Gimana hidup sepuluh tahun dengan skoliosis? Hmmm... Hidup dengan skoliosis itu sebenernya gak berat-berat banget kok, asal.......ikhlas, hahahaha. Tapi proses menuju ikhlas itu emang lamaaaaa banget..

Dulu gue sempet ketakutan sendiri pas ngaca dan liat bentuk badan (apalagi punggung) yang miring-miring teu pararuguh ini. Serem cuuuy. Dari kepala sampe kaki gak simetris ya gimana gak stres cobaaa.. Waktu itu umur masih belasan dan nerima kenyataan kalo badan gue akan begini seumur hidup tuh ya......sedih aja rasanya. Sempet ngebayangin gimana sedihnya orangtua juga.. Ngerasa gak kece! Saat itu gue juga kebanyakan nonton ANTM deh kayaknya, jadi suka kebawa suasana sama orang yang bentuk badannya normal aduhai gitu lho. Jadi suka ngebanding-bandingin dan ngerasa bedaaaaaa banget. 

Ciri-ciri skoliosis. Yaa kira-kira beginilah bentuk punggung gue dr belakang

Ya bayangin aja. Disaat cewek-cewek lain usia segitu lagi genit-genitnya, lagi puber-pubernya, eh gue malah harus nerima kenyataan ini. Bukannya gak bisa genit, bukan, tapi, jadi gak pede kalo mau pamer ((((gak pede kalo mau pamer)))). Hahaha. Yaaa disaat cewek lain lagi suka-sukanya pake baju ketat dan seksi, baju gue malah sengaja-beli-yang-kegedean semua, biar apaa? Ya biar punggung yang gede sebelahnya ini ketutupan. Ya otomatis jadi ribet kalo masalah baju, sampe ke celana, pun sepatu (tidaboleh heels dan terlalu teplek). Trus, gue juga jadi kayak reman gitu kelakuannya. Cueeeek banget. Sempet bodo amat sama punggung dan gak mau orang-orang tau juga. Kayak gak terima dan ngerasa gak kenapa-kenapa gitu. Denial mungkin ya. Pokoknya di awal-awal itu tuh ada sedih, cuek, seneng, gak pede, santai, pede, dan iri tuh kayak ganti-gantian aja gitu.. Ribet deh pokoknya.. (kalo mau komen "yaiyalah, gemini kan moody", iya, emang moody, apa lo?) 

Trus gue juga pernah ada di tahap gak nyaman banget sama skoliosis ini. Eh, sampe sekarang sih.. Sampe sekarang, gue gak pernah suka dan nyaman kalo dirangkul atau dipeluk sama orang lain, siapapun itu. Gak tau yah. Jadi super sensitif gitu kalo punggungnya dipegang dan dielus-elus, apalagi kalo orangnya sadar trus nanya "eh punggung lo kok beda?"
.
.
.
Dih. Tembak nih! 


******

Yaaa sampe hari ini, setelah sepuluh tahun, gue masih ada di proses menuju ikhlas sepenuhnya sih. Ada kalanya saat punggung sakit rasanya mau marah-maraaah aja, tapi gak tau marah ke siapa. Ada kalanya di saat denger orang ngeluh tentang fisiknya, rasanya pengen nyamber "helooo apakabar gueee?". Hahahaha. Sabar? Pastii, tapi, yaa gitu. Dipengaruhin banget sama mood... Ikhlas itu emang susah ya pakbapaak buibuuuk. Gak bisa diomongin, apalagi ditargetin. Ngalir aja pasti... Ya kan?

Tapi, gue nikmatin prosesnya. Banget.

Salah satu dari sekian banyak prosesnya, adalah, ikhlas tentang masa depan. Ikhlas tentang................jodoh. Hahaha agak nganu memang. Yaa mau segimana nerimanya jodoh gue nanti, tetep aja suka kepikiraaann. Kepikiran gimana perasaan dia tentang keadaan gue, tentang gue yang harus melahirkan secara caesar, tentang kemungkinan nanti anaknya bisa skoliosis juga kayak Ibunya (kemungkinan loh ya, hehe), dan banyaaak sekali. Jodoh emang di tangan Allah sih, dan itu misteri yang belum terpecahkan (untuk gue). Tapi paling enggak, selama gue belom ketemu sama kangmas jodoh, paling tidak ada hal yang bisa gue lakukan. Apa itu? Ya usaha! Usaha untuk bikin badan gue sehat dan gak gampang pegel , caranya dengan olahraga (stretching), jaga sikap duduk, dan terapii~ Misalnya nih ya, kalo gue ngarepin jodoh dengan pundak kokoh dan sender-able kayak Zac Efron, ya minimal gue harus usaha rajin buat terapi dan olahraga dong yah. Biar (paling tidak, kami nyaris) sama. Bukan begituu bukan? :)

Salah dua dari proses lain yang harus gue jalani, adalah.......... bersyukur! Woooh ini nih! Wajib hukumnya tapi susah banget dilakuin. Tiap gue ngeluh, meskipun susah, gue selalu berusaha banget sugesti bahwa di luar sana masih banyaaakk banget orang yang tidak lebih beruntung dari gue. Kenyataannya, emang iya. Gue emang kurang bersyukur sama keadaan gue. Kalo ngeliat ke atas doang sih ya mungkin saat ini masih suka ngeluh, tapi kalo liat ke bawah? Aduh keadaan gue mah masih gak ada apa-apanya dibandingin yang lain. Ngeluh sesekali sih wajar, tapi kalo terus-terusan juga gak akan merubah keadaan jadi lebih baik kan, ya kalo membaik mah gue udah bisa ikut lomba lari pake heels dong~ *oke garing, maapin*

Mungkin aja, di luar sana, banyak orang yang iri sama kita, tapi, kita gak tau dan malah iri sama orang lain yang sebenernya gak perlu kita iriin (iri-ception). Orang dengan skoliosis itu bukannya gak sempurna loh, bukan, cuma.......beda doang. Beda yang haruus banget disyukuri. Makin kesini juga gue sadar bahwa gue jahat banget dengan gak sadar udah menghina ciptaan Allah. Padahal Allah ngasih skoliosis ini ke gue tuh supaya gue tahu, bahwa di dunia ini tuh gak ada yang sempurna, dan semua butuh perjuangan. Justru, dengan keadaan kayak gini, gue.........ngerasa.......spesial :)

Dan untungnya, meskipun kebanyakan pada gak tau, gue selalu dikelilingi sama temen-temen yang supeeeeer banget pengertian dan baiknya. Legaaa rasanya. Jadi, gak ada alasan buat gak bersyukur kan?

Hehehehehhe :) 

******

Sebenernya, gue masih mau curhat banyak, tapi, punggung udah minta istirahat.. hehe. Nanti kapan-kapan (((kapan-kapan))) dilanjutin lagi yaaa..


Sumber foto:

No comments: