Saturday, February 20, 2016

Tentang Melawan Ketakutan


"Rin, berenang yuk!"

"Hehe enggak ah gue kan gak bisa berenang"


Mungkin, dari semua jenis olahraga, berenang, adalah satu-satunya olahraga yang sangat gue seselin kenapa gak gue paksain buat belajar dari kecil. Nyeselnya............sekarang.

Sebenernya sih dari kecil udah diajarin buat berenang, usia balita, lah. Cuma karena saat itu gue anaknya penakut dan cengeng sama semua hal, jadi yaa pas ikutan Kakak les renang dan gue dengan sangat sengaja didorong ke kolam sama pelatihnya, gue kaget dan nangis ngambek gak mau belajar renang lagi. Takut banget liat kolam renang karena pas didorong eh ternyata kaki gue gak napak di lantai dan langsung tenggelem dengan indahnya.. Kenapa segitu takutnya? Karena ternyata, gue dicemplungin ke kolam 2 meter, kolamnya orang dewasa. Mangenak :))

Sejak itu, gue takut sama kolam renang orang dewasa.

Ketakutan gue, masih berlanjut sampe gede.. Pas awal-awal SD, gue liburan sama keluarga besar, ke Anyer tuh. Karena gue (masih) cemen, ya gue main aja di pinggir pantai sama sodara gue, Audi. Main pasir doang sih sebenernya. Eh trus jadi keasikan, abis main pasir jadi main ombak, dari pinggir pantai, mulai ke tengah. Main kejar-kejaran ombak gitu kita, dramatis deh kayak film India..

Yang gue inget, waktu itu, dari jauh ada ombak yang gak begitu gede nyamperin gue sama Audi, kita kejar dong yah si ombak, nantangin gitu ceritanya, pas ombaknya mau deket, eh kita kurang cepet larinya, gue gak tau deh tuh ya, kejadiannya cepeeet banget. Tau-tau, gue gak napak pasir lagi dan keombang ambing ombak.. Saat itu gue sadar, kayaknya gue kebawa ombak deh. Udahlah ombaknya kenceng banget, gak bisa berenang pula... Berapa menit ya gue ngambang panik ilang timbul kayak gitu.. Rasanya susah banget dideskripsiin. 

Disaat gue keombang ambing merem melek gitu, gue sempet liat Audi ditarik sama bapak-bapak. Ternyata Audi juga kebawa ombak.. Yaudah gue lambai-lambai tangan aja tuh ya, berharap si Bapak liat dan nyelametin gue. Eh, si Bapak liat dan gue diselametin. Alhamdulillah..

Begitu diselametin dan bilang makasih sama si Bapak, langsung dong gue lari ke pantai, dan dieeeemm sampe pulang. Takut tshay


Sejak kejadian di pantai itu, fixed gue gak mau lagi berenang dan gak mau belajar. Gue juga gak pernah ke pantai lagi, pun kolam renang. Takut banget. Bayang-bayang gue kebawa ombak berusaha nyelametin dirinya itu loh.. Merinding banget liat air dalam jumlah banyak dan tingginya tuh ngelebihin gue.. Kebayang gak bisa napaknya, kebayang harus nelen banyak air lagi.... Hii, ngetiknya aja gue merinding... 

Untungnya, untuuuung banget, keluarga gue adalah tipe keluarga yang selalu milih gunung buat tujuan liburan, soalnya, dingin. Hahaha, tapi bagusnya, hidupku amaaaann...

Pas gue SMP, bahagiaaa banget deh pelajaran olahraga renang tuh gak ada. Nah pas SMA, ternyata tiap beberapa bulan tuh ada tes renang gituuu. Nilainya, lumayan gede (kalo bisa). Hffff..

Tapi dari situ, ketakutan gue sama kolam renang (dewasa) pelan-pelan mulai ilang karena gue selalu dateng ke kolam renang pas tesnya berlangsung. Dateng sih dateng, selalu, tapi, gak pernah renang.. Gue lebih milih buat ngisi soal tentang olahraga daripada harus maksain renang. Nilai jadi kecil ya gak masalah, daripada gelagapan pas nyemplung....malunya itu loh :))

Nah pas kelas 3 SMA, biasa dong yaah kita sekelas mau ngadain perpisahan kelas. Gue yang saat itu udah ngarep-ngarep perpisahannya ke gunung, eh dibikin mikir berkali-kali pas tau keputusan akhirnya malah ke pantai. Bayang-bayang kebawa ombak itu dateng lagi. Ya Allah pertahananku...

Setelah bergelut dengan hati dan juga mohon-mohon izin ke orangtua, akhirnya gue pergi juga ke pantai. Ke. Anyer. Aduh itu sepanjang jalan gue berusaha buat seneng tapi ya takut tapi ya gimana. Perpisahan kelas 3 kan cuma sekali itu doang, sayang banget gak sih kalo dilewatin...

Akhirnya, sampe juga di pantai.. Gue cuma bisa bengong doang ngeliatin pantai dengan ombaknya yang maju mundur maju mundur itu. Ada ketenangan hati sih pas denger suara ombak, tapi ya gue tetep aja, merinding. Norak emang. Hahaha..

Pas sore, temen-temen pada berenang dong yaa. Gue sih ikutan aja, main pasir tapi. Sempet diajak juga berenang tapi gue gak mau dengan alasan "gue males keramasnya ah, kan pake kerudung, ribet tauuk!". Yaa namanya juga wanita, ada aja alasannya khaaan..

Gue gak tau siapa yang mulai, tau-tau beberapa temen sepakat buat naik banana boat. Semua anak diajak karena kalo ikut kan pasti biaya patungan jadi lebih murah (namanya juga anak SMA).. Aduh apaan sih ini gak lucuuu deh. Gue labil banget saat itu. Yang gue tau kan banana boat tuh nanti ditengah-tengah laut kita dijatohin, diangkut, dijatohin lagi.. Gue juga mikirnya saat itu kalo banana boat tuh gak pake life vest, jadi ya kita nyelametin diri kita sendiri, abis dijatohin berenang sendiri ke boatnya.. Gitu. Yaelah. Kebayang lagi ya kan masa kecil surem pas kebawa ombak...

Tapi gue sambil mikir juga saat itu, kalo gue gak pernah nyoba, gue akan terus ketakutan sama masa lalu, ketakutan itu akan terus ada sampe gue dewasa. Lagian juga kan pake life vest, palingan ngambang doang nanti juga diselametin.. Pokoknya gue sempet dilema deh tuh mau ikut apa enggak. 


Sampe akhirnya, dengan perhitungan yang gak mateng-mateng banget, gue memutuskan buat ikut, tapi gue wanti-wanti temen gue, Agung. Gue bilang gini ke dia, "Gung, gue tuh gak bisa berenang, gue takut, jadi nanti lo kasitau gue ya kalo perahunya mau ditebalikin, biar gue ada ancang-ancang.. dan pas kita jatoh, pastiin gue adalah orang pertama yang lo cari. Selametin gue. Plis yaa. Gue ga mau tenggelem". Kata-kata itu terus gue sebut sampe kita semua mau naik ke boat-nya dan jalan. 

Pas di atas boat dan menuju ke tengah pantai, eh, enaaaakk! Ya ampun seru banget ternyata yaa naik boat membelah pantai... Ya gue sih emang gak ngeliat ke bawah, takut, gue mah liat lurus ke depan aja. Enak banget sumpah, banyak angin. Hahaha. Tapi ya degdegan juga karena abis itu pasti boat-nya ditebalikin deh..

Eh bener aja, tau-tau Agung bilang sama gue kalo bentar lagi boat bakal terbalik jadi gue harus ambil nafas. Agung ini duduknya persis di belakang gue...

Gak lama... Byuuurrr!! Boat-nya terbalik. Gue yang udah ambil nafas dan berusaha supaya gak jatoh dari boat, eh jatoh juga. Rasanya gimana ya, gue saat itu cuma tahan napas sambil merem sih. Kepala agak sakit juga karena posisinya emang kepala duluan yang nyebur. Pas gue muncul di permukaan, gue gelagapan panik banget soalnya kaki gak bisa napak. Saat panik kayak gitu, otak gue cuma bisa mikir bahwa gue bakal mati tenggelem di laut karena gak bisa berenang (lupa juga kalo lagi pake life vest). Lebay ye kan... Nah pas lagi gelagapan gitu, dari belakang ada suara Agung, dia narik tangan gue dan abis itu bilang "tenang ya, Rin, tenaaang, udah aman nih lo. Atur nafas ya.. Nih lo di laut, Rin. Gerakin kaki lo deh, lo ngambang!"

Ngambaaang! Belakang gue itu Agung, samping gue itu Jane

I. DID. IT.

GUE. NGAMBANG. (UDAH) GAK. PANIK.


Gue.................kesenengan. Ah, akhirnyaa ketakutan gue pelan-pelan mulai ilang. Banana boat itu nagih. Banget. Tiga kali ditebalikin, tiga kali juga gue ketakutan tapi seneng banget. Pantai dan ombak ternyata gak serem-serem banget kalo dinikmatin.. Gue berhasil ih, terharu :') 




Dua tahun kemudian, pas kuliah, gue balik lagi ke Anyer karena pembubaran panitia acara kampus. Ketakutan gue sama pantai, udah gak seburuk dulu lagi. Pun pas gue diajak naik banana boat lagi. Udah bisa ambil nafas, tenang, dan girang setengah mati pas boat-nya terbalik dan gue ngambang. Iya, ngambang, pake life vest. Bahagia yang sederhana banget.

Sampe sekarang, gue masih gak bisa berenang. Nyesel sih karena justru berenang itu dibutuhkan buat badan gue saat ini. Gue juga masih merinding-merinding lucu kalo liat air dengan banyak volume. Masih banyak banget mikir kalo diajak ke pantai. Tapi, sisi lain, gue bersyukur bahwa gue udah mau melawan ketakutan gue sendiri, sedikit-sedikit :") 




Banana boat sama temen SMA, tahun 2010

Banana boat sama temen kuliah, tahun 2012

No comments: